7 Trik Psikologi yang Bisa Bikin Lebih Produktif
Kamu mungkin sering bertanya-tanya kenapa kamu selalu kelihatan sibuk tapi tidak ada hasil yang berhasil kamu kerjakan. Semuanya menumpuk dan kamu seakan tidak punya waktu untuk beristirahat. Semua itu bisa jadi karena kamu memang fokus pada kesibukan, bukan pada produktifitas.
Berikut adalah 7 trik psikologi yang bisa bikin kamu lebih produktif. Lebih baik kamu coba semua cara di bawah ini biar kamu lebih bisa mengatur waktumu dengan baik. Pekerjaan selesai, tapi kamu juga tidak terlalu terlihat sibuk.
1. Sadari hal apa saja yang kamu lakukan paling banyak tapi bernilai tidak seberapa.
Pertama, buat skala prioritas, hal-hal apa saja yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga tapi sebenarnya tidak perlalu penting – singkirkan itu. Kamu bisa mengerjakannya nanti setelah kamu selesai melakukan pekerjaan utamamu yang lebih penting. Mulai kerjakan yang penting.
2. Sebisa mungkin lakukan apa yang kamu tahu bisa kamu lakukan dengan cepat.
Jika ada pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan tidak membutuhkan waktu yang lama, pilih itu untuk kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu sedang mencicil pekerjaanmu dan menambah daftar pekerjaan yang telah kamu selesaikan.
3. Fokus pada apa yang bisa kamu lakukan
Jika kamu telah memilah mana yang penting dan mana yang tidak, tentukan mana yang bisa kamu lakukan dan mana yang membutuhkan bibimbingan dari orang lain. Pisahkan itu. Kerjakan dulu apa yang bisa kamu lakukan dengan fokus penuh.
4. Fokus pada apa yang sedang kamu lakukan.
Apapun yang kamu kerjakan, jaga pikiranmu tetap fokus dan jangan sampai terganggu dengan apapun. Atur ponselmu menjadi mode getar untuk membuat kamu tidak terganggu olehnya. Lebih baik kamu tolak segala macam hal yang bisa menghambatmu menyelesaikan pekerjaanmu itu.
5. Jangan menginginkan kesempurnaan
Fokus pada sempurna hanya akan membuat waktumu habis tanpa menghasilkan apa-apa. Lebih baik kamu fokus pada target berapa pekerjaan yang ingin kamu selesaikan hari itu. Mengejar kesempurnaan akan membuat kamu sendiri lelah, tapi tidak ada hasil apa-apa.
6. Usahakan untuk tetap dalam jalur waktu yang kamu tetapkan
Konsistensi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Jangan hanya karena kamu sudah selesai satu pekerjaan lalu kemudian kamu santai. Jangan. Tetaplah berada dalam jalur waktu yang kamu tetapkan. Jam berapa kamu ingin pekerjaan A selesai, jam berapa kamu ingin pekerjaan B selesai.
7. Hargai semua yang telah selesai kamu kerjakan.
Berikan dirimu penghargaan dengan menyadari bahwa kamu telah bekerja keras. Setiap kali kamu mampu menyelesaikan pekerjaan di waktu yang telah ditetapkan, tidak ada salahnya memberikan pujian pada diri sendiri bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik.
Semuanya tergantung pada fokus dan keinginanmu. Dalam melakukan kegiatan apapun, jangan lupa tanyakan pada dirimu apa yang sebenarnya ingin kamu raih. Goal apa yang kamu inginkan. Saat kamu mengetahui itu dengan jelas, maka kamu bisa melatih dirimu tetap fokus dan akhirnya bisa menjadi orang yang produktif.
Sumber : https://life.idntimes.com/career/stella/trik-psikologi-biar-lebih-produktif/full
Berikut adalah 7 trik psikologi yang bisa bikin kamu lebih produktif. Lebih baik kamu coba semua cara di bawah ini biar kamu lebih bisa mengatur waktumu dengan baik. Pekerjaan selesai, tapi kamu juga tidak terlalu terlihat sibuk.
1. Sadari hal apa saja yang kamu lakukan paling banyak tapi bernilai tidak seberapa.
Pertama, buat skala prioritas, hal-hal apa saja yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga tapi sebenarnya tidak perlalu penting – singkirkan itu. Kamu bisa mengerjakannya nanti setelah kamu selesai melakukan pekerjaan utamamu yang lebih penting. Mulai kerjakan yang penting.
2. Sebisa mungkin lakukan apa yang kamu tahu bisa kamu lakukan dengan cepat.
Jika ada pekerjaan yang bisa diselesaikan dengan tidak membutuhkan waktu yang lama, pilih itu untuk kamu kerjakan. Dengan begitu, kamu sedang mencicil pekerjaanmu dan menambah daftar pekerjaan yang telah kamu selesaikan.
3. Fokus pada apa yang bisa kamu lakukan
Jika kamu telah memilah mana yang penting dan mana yang tidak, tentukan mana yang bisa kamu lakukan dan mana yang membutuhkan bibimbingan dari orang lain. Pisahkan itu. Kerjakan dulu apa yang bisa kamu lakukan dengan fokus penuh.
4. Fokus pada apa yang sedang kamu lakukan.
Apapun yang kamu kerjakan, jaga pikiranmu tetap fokus dan jangan sampai terganggu dengan apapun. Atur ponselmu menjadi mode getar untuk membuat kamu tidak terganggu olehnya. Lebih baik kamu tolak segala macam hal yang bisa menghambatmu menyelesaikan pekerjaanmu itu.
5. Jangan menginginkan kesempurnaan
Fokus pada sempurna hanya akan membuat waktumu habis tanpa menghasilkan apa-apa. Lebih baik kamu fokus pada target berapa pekerjaan yang ingin kamu selesaikan hari itu. Mengejar kesempurnaan akan membuat kamu sendiri lelah, tapi tidak ada hasil apa-apa.
6. Usahakan untuk tetap dalam jalur waktu yang kamu tetapkan
Konsistensi sangat dibutuhkan dalam pekerjaan. Jangan hanya karena kamu sudah selesai satu pekerjaan lalu kemudian kamu santai. Jangan. Tetaplah berada dalam jalur waktu yang kamu tetapkan. Jam berapa kamu ingin pekerjaan A selesai, jam berapa kamu ingin pekerjaan B selesai.
7. Hargai semua yang telah selesai kamu kerjakan.
Berikan dirimu penghargaan dengan menyadari bahwa kamu telah bekerja keras. Setiap kali kamu mampu menyelesaikan pekerjaan di waktu yang telah ditetapkan, tidak ada salahnya memberikan pujian pada diri sendiri bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik.
Semuanya tergantung pada fokus dan keinginanmu. Dalam melakukan kegiatan apapun, jangan lupa tanyakan pada dirimu apa yang sebenarnya ingin kamu raih. Goal apa yang kamu inginkan. Saat kamu mengetahui itu dengan jelas, maka kamu bisa melatih dirimu tetap fokus dan akhirnya bisa menjadi orang yang produktif.
Sumber : https://life.idntimes.com/career/stella/trik-psikologi-biar-lebih-produktif/full
Komentar
Posting Komentar